Maximilian Wilhelm Wundt


Maximilian Wilhelm Wundt
(16 Agustus 1832-Agustus 31, 1920) adalah seorang dokter Jerman, psikolog, ahli fisiologi, dan profesor yang, bersama dengan William James, yang dianggap sebagai bapak psikologi. Pada tahun 1879, Wundt mendirikan salah satu laboratorium formal pertama untuk riset psikologi di Universitas Leipzig, dan jurnal pertama untuk penelitian psikologis di tahun 1881

Tahun FormatifWundt dilahirkan di Neckarau, sebuah kota dekat Mannheim, putra seorang pendeta Lutheran. Sebagai seorang anak, Wundt tenang dan tabah, lebih suka menghabiskan waktunya belajar. Ia belajar di sekolah asrama yang dimulai pada usia 13 tahun, kemudian pindah ke studi 1851-1856 di Universitas Tübingen, Universitas Heidelberg, dan Universitas Berlin. Selama tahun terakhir di Heidelberg, Wundt menderita penyakit yang hampir fatal. Setelah lulus dalam kedokteran dari universitas di Heidelberg 1856, Wundt belajar singkat dengan Johannes Peter Müller, sebelum bergabung dengan staf Universitas, menjadi asisten untuk ahli fisika dan fisiologi Hermann von Helmholtz tahun 1858 sampai 1864. Di sana ia menulis Kontribusi Teori Persepsi Sense (1858-1862). Ia menikah Sophie Mau sementara di Heidelberg.
Ia selama periode ini bahwa Wundt menawarkan program pertama yang diajarkan dalam psikologi ilmiah, sambil menekankan penggunaan metode eksperimental yang diambil dari ilmu-ilmu alam, yang menekankan hubungan fisiologis otak dan pikiran. Latar belakangnya dalam fisiologi akan memiliki dampak besar pada pendekatan untuk ilmu baru psikologi. Ceramah psikologi diterbitkan sebagai Kuliah dalam Pikiran Manusia dan Hewan pada 1863. Dia dipromosikan menjadi Asisten Profesor Fisiologi di Heidelberg pada tahun 1864.
Wundt menerapkan dirinya untuk menulis suatu karya, dan berhasil menjadi salah satu yang paling penting dalam sejarah psikologi, Prinsip Fisiologis Psikologi pada tahun 1874. Prinsip digunakan suatu sistem psikologi yang berusaha menyelidiki pengalaman langsung kesadaran, termasuk perasaan, emosi, volitions, dan gagasan, terutama dieksplorasi melalui introspeksi, atau pemeriksaan diri pengalaman sadar dengan observasi objektif kesadaran seseorang.

Tahun Leipzig
Pada tahun 1875 ia mengambil posisi di Universitas Leipzig. Empat tahun kemudian ia mendirikan sebuah laboratorium psikologis, itu adalah lab tertua yang masih terbuka hari ini. Sarjana dari seluruh dunia berkumpul untuk laboratorium Wundt, termasuk Edward B. Titchener. mahasiswa Wundt akhirnya akan menemukan laboratorium psikologi penting di University of Pennsylvania, Columbia, Yale, Harvard, Cornell, dan Stanford.
Ia tetap di Leipzig sampai kematiannya, pembimbing disertasi 186 doktor di berbagai disiplin ilmu.
Dalam tahun-tahun terakhirnya, Wundt berfokus pada psikologi sosial dan budaya, dan sebelum kematiannya pada 1920 ia telah menyelesaikan karya 10-volume-nya, Psikologi Sosial.
Dari corpus besar Wundt’s dari 54.000 halaman [4] buku dan catatan artikel, beberapa karya terkenal karyanya termasuk: Kuliah pada Manusia dan Hewan Psikologi, Essay, Etika: Sebuah Investigasi Fakta dan Hukum Kehidupan Moral, Hypnotismus und Saran ( 1892), dan Pengantar Psikologi.

konsep psikologi  Wundt’s
Wundt berusaha memahami pikiran manusia dengan mengidentifikasi bagian pokok dari kesadaran manusia, dengan cara yang sama bahwa suatu senyawa kimia dibagi menjadi berbagai elemen. Jadi, pada dasarnya Wundt membayangkan psikologi sebagai ilmu, seperti fisika atau kimia, di mana kesadaran adalah kumpulan bagian-bagian yang dapat diidentifikasi. Bagian dari sistem Wundt yang dikembangkan dan diperjuangkan oleh muridnya satu kali, Titchener, yang menjelaskan sistem nya “Strukturalisme.” Strukturalisme tidak dapat secara efektif bersaing dalam lingkungan Amerika pragmatis dengan pribumi, Fungsionalisme William James yang diilhami

Hasil karya Wundt
Wundt secara luas diakui sebagai salah satu bapak psikologi. Beberapa karya-karyanya, termasuk Prinsip Psikologi Fisiologis dianggap teks-teks fundamental penting dalam bidang psikologi. Meskipun secara luas diakui sebagai penting dalam kelahiran dan pertumbuhan psikologi, pengaruhnya dalam psikologi hari ini adalah bahan perdebatan di kalangan ahli.
Meskipun Wundt menulis secara ekstensif di berbagai mata pelajaran, termasuk filsafat, fisika, fisiologi, dan psikologi saja, besarnya tulisannya dikumpulkan dan lama-lama 65 tahun karirnya membuat sulit untuk mengidentifikasi modus, satu pikiran yang koheren  diragukan, Namun, Wundt adalah fondasionalis saleh, bekerja tanpa lelah untuk memahami kerumitan bidang pengetahuan ia belajar untuk membentuk pemahaman, koheren atomistik alam semesta. Sebagai penghargaan atas kerja Wundt’s, American Psychological Asosiasi mendirikan “Wilhelm Wundt-William James Award untuk Kontribusi yang luar biasa untuk Trans-Atlantik Psikologi”, yang mengakui “catatan penting dari kerjasama penelitian trans-Atlantik.”

Sumber encyclopedia.thefreedictionary.com

Leave a comment